Tuesday 3 September 2013

Sejarah Musik Jazz

Kali Ini Alien News Akan Membahas Tentang Sejarah Musik Jazz.Anda Tahu kan musik Jazz?ya jazz musik yang banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon.ya oke kita mulai,Legenda jazz dimulai di New Orleans dan berkembang ke Sungai Mississippi, Memphis, St. Louis, dan akhirnya Chicago. Tentu saja musik jazz dipengaruhi oleh musik yang ada di New Orleans, tribal drums Afrika dan struktur musik ala Eropa. Latar belakang jazz tidak dapat dilepaskan dari fakta di mana jazz dipengaruhi berbagai musik seperti musik spiritual, cakewalks, ragtime dan blues. Salah satu legenda jazz yang dipercaya bahwa sekitar 1891, seorang pemilik kedai cukur rambut di New Orleans bernama Buddy Bolden meniup cornet-nya dan saat itu lah musik jazz dimulai sebagai gebrakan baru di dunia musik. Setengah abad kemudian, musik jazz di Amerika memberi banyak kontribusi di dunia musik, dipelajari di universitas, dan akhirnya menjadi sebuah aliran musik yang serius dan diperhitungkan.Musik jazz sebagai seni yang populer mulai menyebar ke hampir semua masyarakat Amerika pada tahun 1920-an (dikenal sebagai Jazz Age). Jazz semakin marak di era swing pada akhir 1930-an, dan mencapai puncaknya di akhir 1950-an sebagai jazz modern. Di awal tahun 20-an dan 30-an, “jazz” telah menjadi sebuah kata yang dikenal umum. Pengaruh dan perkembangan musik blues tidak dapat ditinggalkan saat membahas musik jazz di tahun-tahun awal perkembangannya. Ekspresi yang memancar saat memainkan musik blues sangat sesuai dengan gaya musik jazz. Kemampuan untuk memainkan musik blues menjadi standar bagi semua musisi jazz, terutama untuk digunakan dalam berimprovisasi dan ber-jam session. Musik blues sendiri, yang berasal dari daerah Selatan, memiliki sejarah yang sangat luas. Pemain musik blues biasanya menggunakan gitar, piano, harmonika, atau bermain bersama dalam kelompok yang memainkan alat-alat musik buatan sendiri.

2.SEJARAH JAZZ DI DUNIA
Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.Musik jazz banyak menggunakan instrumen gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi.Musik jazz pertama dari Amerika adalah benar-benar asli kontribusi kepada dunia seni masyarakat. Periode 1930an dan pada tahun 1940-an sampai sekarang adalah satu-satunya dalam sejarah ketika usia popularitas jazz lainnya hilang cahayanya semua genre musik di AS Adalah suatu masa yang dikenal sebagai era Big Band, dan selama itu ayunan musik adalah raja.Popularitas jazz, dan cara bermain dalam perubahan gaya musik, waned setelah WWII. Namun band besar dari orang-orang seperti Duke Ellington, Woody Herman, Count Basie dan lain-lain upheld tradisi di tahun 1970-an dan seterusnya. Selain itu jazz kelompok kecil, terdiri dari kedua mantan band besar era soloists musisi muda baru dan sama-sama, ada lanjutan untuk memanfaatkan paralel distinctions banyak dari bahasa yang mereka bermain di ayunan dan rekaman sejak jatuhnya band yang besar. Demikian pula yang besar, pop jazz dan vocalists dari tahun 1950-an dan 1960-an yang digunakan oleh aturan dan instrumentasi arrangers dan musisi yang berkaitan dengan sebelumnya, dan pemahaman, maka kata-kata dari Big Band era.Bahasa ayun masih hari ini diucapkan oleh sejumlah berbakat sekarang ini modern dan musisi jazz band ayunan. Pertengahan tahun 1990-an memperbaharuinya dalam ayunan musik adalah fueled by a swing dance kebangkitan dari Lindy-hop jitterbug swing dan tarian. Hari ini sukses dan sesi band-pemimpin yang acquiesce untuk merekam dan memutar musik jazz yang swings melakukannya dengan pengetahuan yang menarik perhatian adalah penggemar baru jazz agak mirip dengan rasa yang memuaskan dari ayunan penari; besar bermain lebih mudah untuk memahami dan berhubungan dengan ketika mengalir seperti itu didukung oleh halus, stabil, dan lancar yang rhythms, banyak seperti yang populer di pertengahan 1930an.

3.Beberapa Musikus jazz Paling Terkenal

1.Louis Armstrong
Louis Armstrong lahir di New Orleans, 4 Agustus 1901 – meninggal di Queens, New York City, 6 Juli 1971 pada umur 69 tahun alias Satchmo atau Pops, adalah penyanyi dan pemain trompet jazz Amerika Serikat dari New Orleans, Louisiana.Namanya terkenal pada tahun 1920-an sebagai pemain trompet dan kornet yang "inventif", Armstrong mempengaruhi dasar-dasar musik jazz, menggeser fokus musik jazz dari improvisasi kolektif menjadi penampilan solo. Berkat suara seraknya yang berat, khas, dan mudah dikenali, Armstrong sekaligus seorang penyanyi berpengaruh, menunjukkan kecekatan dalam improvisasi, melencengkan lirik dan melodi dari sebuah lagu untuk mengungkapkan ekspresi. Ia juga sangat terampil bernyanyi scat (melantunkan bunyi-bunyian dan suku kata sebagai pengganti lirik).Dikenal sebagai sosok karismatik di atas panggung, suara parau sekaligus permainan trompetnya, pengaruh Armstrong jauh melampaui musik jazz. Pada akhir kariernya pada tahun 1960-an, ia secara luas dianggap berpengaruh besar terhadap musik populer secara umum. Armstrong adalah salah satu dari penghibur Afrika-Amerika populer pertama yang berhasil "lintas ras". Di Amerika Serikat yang waktu itu sangat terbagi menurut ras, musiknya justru lebih penting daripada warna kulitnya. Ia jarang memolitikkan rasnya sehingga sering mengecewakan sesama Afrika-Amerika. Namun ia bersikap tegas mengenai desegregasi dalam kasus Krisis Little Rock. Keahlian sebagai seniman dan kepribadiannya membuat Louis Armstrong diterima secara sosial di kalangan atas masyarakat Amerika yang waktu itu sangat jarang dimasuki pria kulit hitam.

2.Bix beiderbecke
Leon Bismark "Bix" Beiderbecke (10 Maret 1903 - 6 Agustus 1931) adalah seorang jazz cornetist Amerika, pianis jazz, dan composer.With Louis Armstrong dan Muggsy Spanier, Beiderbecke adalah salah satu solois jazz paling berpengaruh tahun 1920-an. Ternyata pada "Singin 'the Blues" (1927) dan "Aku Datang, Virginia" (1927), khususnya, menunjukkan kemurnian biasa nada dan hadiah untuk improvisasi. Dengan dua rekaman, terutama, ia membantu untuk menciptakan gaya ballad jazz dan mengisyaratkan apa, pada tahun 1950, akan menjadi cool jazz. "Dalam Mist" (1927), salah satu dari segelintir komposisi piano dan satu-satunya ia mencatat, pengaruh klasik dicampur dengan jazz sinkopasi. Beiderbecke juga telah dikreditkan untuk pengaruhnya, secara langsung, di Bing Crosby dan, secara tidak langsung, melalui saxophonist Frank Trumbauer, pada Lester Young. (Klarifikasi diperlukan menurut wikipedia) Berasal dari Davenport, Iowa, Beiderbecke belajar sendiri untuk bermain cornet sebagian besar dengan telinga , memimpin dia untuk mengadopsi jari non-standar bahwa beberapa kritikus telah tersambung ke suara aslinya. Dia pertama kali direkam dengan ansambel jazz Midwestern Para serigala pada tahun 1924, setelah itu ia bermain sebentar untuk Detroit berbasis Jean Goldkette Orchestra sebelum bergabung Frankie "Tram" Trumbauer untuk pertunjukan diperpanjang di Ballroom Arcadia di St Louis, Missouri. Beiderbecke dan Trumbauer keduanya bergabung Goldkette pada tahun 1926. Band melakukan tur secara luas dan terkenal memainkan set berlawanan Fletcher Henderson di Roseland Ballroom di New York City pada bulan Oktober 1926. Tahun berikutnya, Trumbauer dan Beiderbecke meninggalkan Detroit untuk bergabung dengan paling terkenal dan paling bergengsi orkestra tari di negeri ini: yang berbasis di New York Paul Whiteman Orchestra.

3.John Coltrane
John William Coltrane, juga dikenal sebagai "Trane" (September 23, 1926 - 17 Juli 1967), adalah seorang pemain saksofon jazz Amerika dan komposer. Bekerja di bebop dan sulit bop idiom awal karirnya, Coltrane membantu merintis penggunaan mode dalam jazz dan kemudian berada di garis depan free jazz. Ia mengorganisir setidaknya lima puluh sesi rekaman sebagai pemimpin selama karir rekamannya, dan muncul sebagai sideman pada banyak album lainnya, terutama dengan pemain trompet Miles Davis dan pianis Thelonious Monk. Istri keduanya adalah pianis Alice Coltrane dan anaknya Ravi Coltrane juga pemain saksofon. Coltrane dipengaruhi musisi yang tak terhitung banyaknya, dan tetap menjadi salah satu pemain saxophone paling signifikan dalam sejarah jazz. Dia menerima banyak penghargaan anumerta dan pengakuan, termasuk kanonisasi oleh Gereja Ortodoks Afrika seperti Saint John William Coltrane. Pada tahun 2007, Coltrane dianugerahi Pulitzer Prize Citation Khusus untuk nya "improvisasi ahli, musisi tertinggi dan sentralitas ikon untuk sejarah jazz."

4.Miles davis
Miles Davis (26 Mei 1926-28 September 1991) merupakan salah satu pemusik jazz berkebangsaan Amerika Serikat. Sebagai pemusik jazz, ia adalah salah satu yang paling berpengaruh bagi perkembangan jazz pada abad ke-20 dan juga salah satu yang paling inovatif. Davis adalah pemain trompet, pemimpin band, dan komponis, dan selalu menjadi penggagas setiap perubahan besar yang terjadi pada jazz setelah Perang Dunia II. Permainannya dapat ditemukan pada rekaman-rekaman bebop yang terpenting, dan rekaman cool jazz yang pertama. Ia juga berperan besar dalam mengembangkan modal jazz dan jazz fusion.Rekaman-rekaman Davis dan konser-konsernya sangat berperan dalam membuat musik jazz diterima sebagai musik yang memiliki nilai artistik tinggi. Watak Davis yang unik dan kadang kontroversial menambah terkenal dirinya dan musik jazz secara umum, dan membuat Davis juga menjadi simbol potensi komersial musik jazz.Davis merupakan bagian dari deretan pemain trompet jazz yang dimulai dari Buddy Bolden, Joe "King" Oliver, Louis Armstrong, Roy Eldridge, dan Dizzy Gillespie. Ia dapat dibandingkan dengan Duke Ellington sebagai inovator musik: keduanya menguasai instrumennya masing-masing, namun bukan virtuoso secara teknis. Kekuatan utama Ellington adalah sebagai pengarang lagu dan pemimpin band, sedangkan kekuatan utama Davis adalah keahliannya dalam mengumpulkan musisi-musisi yang berbakat ke dalam grup-grup dan memberi mereka tempat untuk berkembang. Terdapat banyak musisi-musisi terkemuka jazz yang pada awal karirnya adalah anggota dari salah satu grup Miles Davis.

Yap itulah sejarah jazz,semoga informasi ini membantu terima kasih.....

Sumber:
http://id.wikipedia.org/
http://en.wikipedia.org/
http://desxripsi.blogspot.com/

2 comments:

  1. GAMES KARTU ONLINE TERBESAR DI ASIA
    - JURAGANQQ -
    MENYEDIAKAN 7 PERMAINAN KARTU TERFAVORIT
    BANDAR Q | DOMINO 99 | ADU Q | BANDAR POKER | POKER | CAPSA SUSUN | SAKONG
    GABUNG SEKARANG
    MEMBERIKAN BONUS TERBESAR !!
    - CASHBACK 0.3%
    - REFFERAL 15%
    - JACKPOT !!
    - MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW 20RB
    - BEST SERVER FOR GAMBLING NO ROBOT !
    - PLAYER VS PLAYER
    - FAST PROSES !
    - CS ONLINE 24 JAM
    JuraganQQ

    ReplyDelete
  2. lengkap sekali infonya kak makasih

    d85ess-2

    ReplyDelete