Monday 2 September 2013

Sejarah Karakter Meme

Anda Tahu Kan Karakter Meme/Rage comics kan?nah itu berawal populer dari situs 9gag sebuah situs funny picture creator, mulai dikenal  istilah rage meme comic.Arti meme comic adalah suatu gambar ilustrasi wajah berupa coretan, misalnya seperti trollface.  Bagi orang awam yg melihat sulit untuk paham, namum lama kelamaan akan mengerti maksudnya.Meme itu sendiri berasal dari kata "mimik" dalam bahasa indonesia juga berarti ekspresi wajah seseorang.ini asal usul nya atau sejarah karakter2 itu,silakan baca...

1.Me Gusta
 Me Gusta adalah sebuah Frase Colloquial dari bahasa Spanyol 'Me Gusta', yang berarti I Like It. Pertama kali di buat oleh ilustrator yang bernama Matt Oswald, dan di unggah ke Reddit, 4chan, Devian Art, bahkan pada tumblrnya.Meme Me Gusta berfungsi untuk mengekspresikan rasa senang yang aneh pada suatu keadaan, yang apabila orang lain melihatnya, akan mengira orang tersebut mengalami keterbelakangan mental. Meme ini juga dapat dipakai untuk mewakili respon suka terhadap sesuatu yang berbau 'sara' (biasanya untuk mewakili ekspresi mupeng.Sejauh Ini ada beberapa variasi dalam meme Me Gusta seperti 'No Me Gusta' yanng menunjukan penolakan atau rasa kesal.



2.Troll Face
Troll Face adalah meme yang berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu dari meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Yang sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter yang bernama 'Rape Rodent'. Kini, Ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan. Mengekspresikan bahwa seorang karakter dalam komik sedang menjahili tokoh komik lain.Menjahili seorang user (pembaca rage comics/meme) Karena tidak semua 'troll' (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula 'failed-troll face' yang mengekspresikan ekspresi sedih karena gagal menjahili. Kalau di indonesia biasanya kalah dari Pak jaya...

3.Yao Ming
Meme Ini adalah cuplikan ekspresi dari pemain basket yang bernama Yao Ming yang sedang tertawa terbahak-bahak saat jumpa pers , pada Mei 2009.Fungsi menunjukkan sesuatu yang lebih 'wah'senyum menyindir mengekspresikan  'ketidakmenyesalan' atas sesuatu yang telah diperbuat Setelah banyak modifikasi terhadap ekspresi ini, sekarang, sudah muncul meme serupa yang berfungsi lain seperti: Menunjukkan rasa  jijik/takut & penolakan Menunjukkan rasa acuh.Yao Ming adalah pemain bola basket asal Cina pertama yang bermain di kompetisi NBA. Ia bermain untuk klub Houston Rockets sejak pertama kali masuk NBA di tahun 2002 hingga pensiun di tahun 2011.Pria yang tingginya mencapai dua meter lebih ini mewarisi bakat bermain basket dari kedua orang tuanya yang juga pasangan pemain basket profesional Cina. Pada tahun 2007, Yao menikah dengan Ye Lo, pemain basket yang membela tim nasional wanita Cina.


4.You Dont Say?
You Don’t Say?” adalah cuplikan dari wajah Nicholas Cage dalam filmnya yang berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, ditunjukkan bahwa Nicholas Cage sedang menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, akhirnya mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics.Meme “You Don’t Say” sendiri berfungsi untuk mengekspresikan tanggapan terhadap Pernyataan lazim yang bahkan nenek-nek ngupil pun pasti tau, Pertanyaan retoris yang sudah pasti jawabannya, sehingga orang yang ditanyai lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik.


5.Bad Luck Brian
Sebenarnya, belum benar-benar diketahui siapa sebenarnya sosok di balik 'Bad Luck Brian'. Tetapi, ada klaim dari seorang Redditor, bahwa dirinya lah, sosok di balik 'Bad Luck Brian'. Ia mengaku bernama Kyle, dan foto tersebut adalah foto yang diambil saat ia kelas 7.Pada 19 Maret, hal ini telah diumumkan ke situs humor 9gag mana ia menerima lebih dari 48.000 likes dalam waktu 24 jam. Posting yang sama kemudian disematkan pada situs berbagi foto Pinterest sosial hari yang sama. Kemudian bulan itu, koleksi tambahan host di BuzzFeed dan Funny or Die.Serial ini terus menyebar di situs seperti FunnyJunk, Tumblr dan AdviceAnimals subreddit. Per Juni 2012, halaman Quickmeme telah menerima lebih dari 104.047 kiriman. Beberapa halaman Facebook juga telah dibuat untuk karakter, dengan yang terbesar memiliki lebih dari 29.000 likes dan yang kedua memiliki lebih dari 24.000.

6.Forever Alone

Forever Alone adalah kemarahan tokoh komik dieksploitasi yang digunakan untuk mengungkapkan kesepian dan kekecewaan dengan kehidupan. Wajah juga telah digunakan sebagai hewan saran dan mengilhami penciptaan template snowclone "Selamanya X." Forever Alone dianggap  karakter besar rage comic pertama spin-off menjadi creater setelah Rage Guy asli, yang pertama bermunculan di 4chan pada tahun 2009. Menurut berbagai sumber, komik asli yang diupload di thread berjudul "April Mop" oleh FunnyJunk pengguna Azuul pada tanggal 28 Mei, 2010.n awal Juni 2010, contoh lain menampilkan sarjana salaryman telah diposting pada 4chan (ditunjukkan di bawah, kiri). Pada 5 Agustus 2010, Redditor L_E_G_E_N_D diposting kemarahan komik Forever Alone berjudul "Prom FFFUUUU" (ditunjukkan di bawah, kanan), menerima lebih dari 275 orang menilainya dan 70 komentar sebelum yang diarsipkan.

Begitulah Sejarah Para Meme,Terima kasih telah membaca.....

Sumber:
http://knowyourmeme.com/
http://profil.merdeka.com/
http://mancinginfo.blogspot.com/
http://ketikaaliennyasar.blogspot.com/
                                                   

1 comment: