Tuesday 3 September 2013

Alien News Holiday:Banten

Kali ini Alien News akan membahas tentang Banten,ya pada awalnya kawasan Banten adalah bagian dari Propinsi Jawa Barat, yang kemudian dipisahkan sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. yang sekarang menjadi salah satu Propisi yang ada di pulau Jawa dan pusat pemerintahan Banteng berada di Kota Serang.Propinsi Banten terletak di ujung barat Pulau Jawa dan memiliki posisi yang sangat strategis serta mempunyai potensi ekonomi yang sangat besar baik dari skala lokal, regional, nasional, bahkan skala internasional. Fasilitasi terhadap pergerakan barang dan penumpang yang dari dan ke pusat-pusat kegiatan nasional, wilayah, maupun lokal yang ada di Propinsi Banten menjadi sangat penting dalam upaya untuk mendukung pengembangan pekonomiam di kawasan Propinsi Banten.
berikut ini merupakan tempat wisata yang anda bisa kunjungi di Banten:

1.Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Taman nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Taman ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² diantaranya adalah laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.Pada awalnya Ujung Kulon adalah daerah pertanian pada beberapa masa sampai akhirnya hancur lebur dan habis seluruh penduduknya ketika Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883 yang akhirnya mengubahnya kawasan ini kembali menjadi hutan.Izin untuk masuk ke Taman Nasional ini dapat diperoleh di Kantor Pusat Taman Nasional di Kota Labuan atau Tamanjaya. Penginapan dapat diperoleh di Pulau Handeuleum dan Peucang.

2.Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tidak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Masjid ini dikenali dari bentuk menaranya yang sangat mirip dengan bentuk sebuah bangunan mercusuar.Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama dari Kesultanan Banten. Ia adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati.Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Akses ke lokasi dapat dituju dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari terminal Terminal Pakupatan, Serang menggunakan bis jurusan Banten Lama atau mencarter mobil angkutan kota menuju lokasi selama lebih kurang setengah jam.

3.Pulau Umang
Pulau yang juga memiliki keindahan pantainya adalah Pulau Umang yang terletak di kawasan Pantai Pandeglang. Lokasi pulau ini berdekatan dengan kawasan wisata Tanjung Lesung. Dipulau ini, terdapat resort yang ditata dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruang pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang dan sebagainya. Selain itu, disini juga tersedia fasilitas olahraga dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke, dan lain-lain. Kita dapat menuju ke pulau ini dengan relatif mudah. Perusahaan yang mengelola kawasan ini menyediakan penyewaan mobil dari Jakarta untuk menuju pulau ini, dan juga dapat dicapai dari kawasan Ujung Kulon.

4.Pantai Carita
Pantai Carita adalah sebuah pantai di pesisir barat provinsi Banten, Indonesia. Pantai ini merupakan obyek pariwisata pantai di Indonesia yang cukup terkenal selain Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong dan Pantai Tanjung Lesung.Pantai Carita merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Pandeglang dan telah ditetapkan berdasarkan SK Menteri Pertanian No.440/kpts/UM/1978 pada tanggal 15 Juli 1978 sebagai Taman Wisata Alam. Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih sehingga membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.Pantai Carita kaya akan sumber daya alamnya. Hamparan tepian yang amat landai dengan ombak laut yang kecil dan lembut menyapu di sepanjang pantai, dipadu dengan pemandangan Gunung Krakatau.Untuk mencapai tempat ini dapat melalui jalan tol Anyer dan setelah keluar dari tol dapat menyusuri ruas jalan Labuan-Carita menuju Anyer.

5.Pulau Dua Atau Pulau Burung
Objek wisata Pulau Dua atau juga dikenal dengan sebutan Pulau BurungDaya ini memiliki daya tarik yang unik jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya yang terdapat di provinsi Banten.Daya tarik utama objek wisata ini ini adalah keindahan alam laut berupa gugus karang, berbagai jenis ikan laut, dan tentu saja berbagai jenis burung.Luas kawasan Pulau Dua atau Pulau Burung diperkirakan kurang lebih sekitar 30 ha. Setiap tahun antara bulan April dan Agustus, objek wisata Pulau Dua ini dikunjungi oleh 1000 burung dari 60 jenis yang berasal dari berbagai negara.Sekitar 40 ribu burung-burung itu terbang dari benua Australia, Asia, dan Afrika. Pulau Dua bisa dicapai dengan perahu tradisional atau perahu motor dalam waktu 15 s.d. 30 menit melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen. Di kawasan ini, telah tersedia sarana jaringan listrik, telekomunikasi, dan air bersih.

6.Gunung Krakatau
Gunung Krakatau merupakan salah satu obyek wisata andalan bagi para pariwisata yang ada di daerah Kabupaten Pandegelang, Propinsi Banten. Obyek wisata Gunung Krakatau ini pada malam hari suka memancarkan lava pijar yang bisa menimbulkan suatu panorama yang indah dan menakjubkan, banyak orang yang datang dari berbagai daerah Indonesia bahkan juga dari berbagai negara luar hanya untuk menyaksikan pemandangan yang spektakuler ini.Pulau Krakatau besar yang biasa disebut dengan nama Gunung Krakatau adalah sebuah gunung (Gunung Krakatau purba) yang memiliki ketinggian sekitar 2000 mdpl dengan lingkaran pantainya sekitar 11 km dan radius sekitar 9 km2.

7.Perkampungan Suku Baduy
Salah satu wisata adat yang terkenal di Indonesia adalah perkampungan suku Baduy di provinsi Banten. Masyarakat adat suku Baduy tinggal di Desa Cibeo, Kabupaten Rangkasbitung dan memiliki kekerabatan dengan Suku Sunda. Suku Baduy terbagi menjadi menjadi dua kelompok, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Warga mereka menganut agama Hindu, Islam, atau Buddha. Ciri khusus kehidupan suku Baduy adalah menolak keberadaan kehidupan modern dalam setiap segi kehidupan warganya. Mereka berpegang teguh pada cara hidup secara alami.Daya tarik wisata adat di Kampung Baduy adalah kehidupan alami dengan pemandangan alam yang indah, keindahan tenun khas suku Baduy, dan memperkenalkan keragaman budaya Indonesia pada anak-anak. Berkat sisi misterius suku Baduy, tempat wisata di Banten ini sering dijadikan rujukan sebagai tempat wisata pendidikan di Indonesia. Banyak akademisi yang melakukan penelitian disana untuk mengetahui cara bertahan hidup dengan mengabaikan perkembangan budaya modern.
2.How To Get There?
Jika Anda berangkat liburan dari Jakarta, maka Anda bisa menuju stasiun Jakarta Kota, stasiun Tanah Abang, maupun stasiun Pasar Senen. Jadwal keberangkatan kereta selengkapnya silakan dilihat di website resmi PT. KAI.Perjalanan kereta api dari Jakarta menuju stasiun Rangkasbitung tarifnya Rp2.000. Sesampai di Rangkasbitung, wisatawan lanjut naik angkot menuju terminal Aweh. Kalau sudah sampai terminal Aweh, kita lanjutkan lagi perjalanan menuju terminal Ciboleger dengan kendaraan elf. Nah, di Ciboleger inilah Anda tinggal mencari pemandu wisata yang akan menuju ke Kampung Adat Suku Baduy di Desa Cibeo.(Dikutip dari http://abizia-grafika.blogspot.com/).

Nah Selesai Sudah Perjalanan Alien News Di Banten...Masih Banyak sih wisata di Banten tapi ini yang Alien News Pilih masih banyak wisata pantai,Atau anda juga bisa wisata Banten Lama yang bisa Anda kunjungi di sekitar Masjid Agung Banten. Di masjid ini, kita masih bisa melihat sisa-sisa kerajaan Islam di Banten saat dahulu kala. Anda juga bisa berziarah ke makam-makam para tokoh agama dan pejuang yang ada di sekitar Masjid Agung Banten. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kita yang ingin mendapatkan wisata religius sekaligus mempelajari sejarah Islam di Provinsi Banten.terima kasih telah membaca...

Sumber:
http://yoshiewafa.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/
http://www.adadiskon.com/
http://www.tempatwisataku.com/
http://jalanjalanindonesia.com/
http://abizia-grafika.blogspot.com/



1 comment: