Thursday 4 April 2013

Pulau Komodo Luar Dalam

Pulau Komodo..Sudah Seharusnya Kita Bangga terhadap pulau yang eksotis ini selain indah pulau komodo juga telah menyandang predikat New 7 Wonders Of Nature ya kita harus bangga dong!!Juga Kita Enak berlibur kesana dan bagaimana sih DULU nya pulau komodo??simak artikel ini!!

Sejarah
Steyn Van HensBroek
Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" yang baru diumumkan pada tahun 2010 melalui voting secara online di www.N7W.com.Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders telah mengumumkan pemenang sementara, dan Taman Nasional Komodo masuk kedalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak Lho!!


Sejarah Taman Nasional Pulau Komodo
Taman Nasional Pulau Komodo di temukan sekitar tahun 1980 dan telah di nyatakan salah satu bagian dunia yang perlu di lindungi dan biosphere reserve oleh badan UNESCO pada tahun 1986. Taman Nasional ini awalnya di bentuk dengan tujuan untuk melesatarikan spesies Naga yang unik dan langka ( Komodo ) yang di kenal dengan bahasa ilmiahnya Varanus Komodoensis yang di temukan pertama kali oleh JKH Van Steyn sekitar tahun 1911. Setelah itu bukan hanya Naga Komodo yang di lindungi tapi semua keanekaragaman hayati baik laut dan darat masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Pulau Komodo.
Mayoritas orang-orang yang tinggal di Pulau Komodo dan sekitarnya adalah Nelayan yang berasal dari Bima ( Sumbawa ), Manggara, Flores Selatan, Sulawesi Selatan yang berasal dari suku Bajau Bugis. Suku Bajau awalnya suku yang hidup sebagai pengembara yang senang berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainya.
Penghuni asli Pulau Komodo adalah orang-orang suku Ata Modo yang masih ada di Pulau Komodo tapi seiring dengan pendatang dari daerah yang lain maka darah, adat budaya dan bahasa telah bercampur dengan pendatang baru.

Bagaimana Dengan Fauna Khasnya?Yaitu Komodo Simak Artikel Ini !!!!
Fauna Khas:Komodo

Yap Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.
Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil.Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.


How To Get There??

  • Pulau Komodo dan Pulau Rinca ada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Cara paling mudah ke Pulau Komodo adalah dengan menyewa perahu dari Labuan Bajo. Tarifnya sekitar Rp 500.000,- sampai Rp 800.000,- pergi-pulang selama seharian. Butuh waktu 1,5-2 jam untuk ke Pulau Rinca dari Labuan Bajo. Untuk ke Pulau Komodo, bisa molor 1 jam lagi dari waktu tempuh ke Pulau Rinca. Ini dengan catatan ombak normal. Jika mau irit, naik kapal reguler yang biasa disewa penduduk untuk berbelanja, Cuma Rp 50.000,- sekali jalan.
  • Untuk ke Labuan Bajo bisa ditempuh lewat udara dari Jakarta-Denpasar-Labuan Bajo; atau lewat jalan darat dari Bali-Lombok-Sumba-Labuan Bajo.
  • Akomodasi selama di Pulau Komodo tersedia di Labuan Bajo, Ada penginapan ala backpakers sampai hotel bintang 4 disini. Atau bisa juga menginap di Pulau Komodo, di mess Taman Nasional.
  • Selama berkeliling di daerah teritorial Ora, paling aman adalah dengan meminta pemandu dari Taman Nasional mengawal kita, tarif guide ini adalah Rp 50.000,-.
  • Jangan lupa membawa sunblock, topi lapangan, baju lengan panjang, sepatu tracking, dan tentu saja meminum obat anti malaria seminggu sebelum berkunjung ke ruma Ora. Sekedar pencegahan.

Begitulah "Penjelajahan" Ke Pulau Komodo Hehe,Terima kasih Telah Membaca!!!!

Sumber Very Thank You To:
http://id.wikipedia.org
http://www.lombok-travelnews.com
http://www.wildlifeindonesia.com




No comments:

Post a Comment