Saturday 6 April 2013

Misteri2 Mitologi Jepang

Jepang Mempunyai banyak misteri mahluk2 aneh dan terkenal oleh "mungkin" dunia,kami akan menyebutkan beberapa simak artikel ini!!

1. Kappa

Bentuknya mirip setan kecil, sering juga disebut monyet air. Seekor Kappa memiliki lekukan di atas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang. Kappa biasanya minum darah tapi itu tergantung apakah dia baik atau jahat. Kappa suka mentimun dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi Kappa atau menghindari kesialan, mereka biasanya menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam Kappa. Makhluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji. Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat Jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.Makhluk ini juga disebut memiliki bau seperti ikan dan membenci suara keras dan benda logam. Habitat utama Kappa tersebar di wilayah Kyushu dan sungai Sarugaishi di Honshu.satu ciri yang unik dari Kappa adalah adanya sebuah rongga tanpa tutup di atas kepalanya. Rongga bulat ini berisi air yang menjadi sumber kekuatan Kappa. Jadi jika suatu hari anda bertengkar dengan Kappa, sebelum bertarung, berilah hormat terlebih dahulu dengan cara membungkukkan badan. Kappa yang disebut sebagai makhluk yang memiliki tata krama akan segera membalas dengan membungkukkan badannya juga. Dengan demikian cairan di kepalanya akan tumpah dan kekuatannya akan hilang. Hal ini akan memaksa ia mengundurkan diri dari pertarungan.

2.Tengu
Museum Hachinohe di Aomori, Jepang utara, adalah rumah bagi Mumi Tengu yang konon pada awalnya dimiliki oleh Nambu Nobuyori, pemimpin klan Nambu yang memerintah Hachinohe di pertengahan abad ke-18.mumi itu memiliki kepala manusia, namun memiliki kaki dan sayap berbulu seperti burung. Tengu yang telah menjadi mumi ini dipercaya berasal dari kota Nobeoka (perfektur Miyazaki) di Jepang Selatan. Beberapa teori menyebut bahwa mumi ini sampai ke Jepang utara setelah diwariskan ke beberapa anggota keluarga Samurai yang memerintah Jepang, hingga akhirnya sampai ke Museum Hachinohe di Aomori.Mitologi Tengu bermula dari sekitar abad ke-6 Masehi sejalan dengan tibanya agama Budha ke Jepang dari Cina. Tengu dianggap sebagai goblin yang tinggal di hutan dan gunung. Mereka disebut memiliki kekuatan supranatural seperti dapat berubah bentuk menjadi manusia atau hewan, dapat berbicara kepada manusia tanpa membuka mulut dan mampu pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat menggunakan sayapnya.hebat bukan???????
Kata Tengu sebenarnya berarti "Anjing langit". Dalam mitologi Cina, makhluk ini juga memiliki tempat tersendiri dengan nama Tien Kou (Tiangou) yang artinya juga anjing langit. Nama ini sebenarnya tidak sesuai dengan deskripsi Tengu. Makhluk ini tidak memiliki rupa anjing, melainkan lebih mirip seekor burung.Buku Nihon Shoki, catatan kuno yang dianggap paling pertama menyebut Tengu, yang ditulis pada tahun 720 Masehi, menyebutkan bahwa pada abad itu sebuah meteor melintasi langit Jepang dan meteor itu disebut oleh seorang rahib Budha sebagai Anjing Langit (Tengu). Namun bagaimana Tengu berevolusi dari sebuah meteor menjadi makhluk terbang tidak diketahui dengan pasti.Secara umum, Tengu memiliki dua bentuk fisik. Yang pertama disebut Karasu tengu yang memiliki kepala dan paruh seperti burung. Yang kedua adalah Konoha Tengu yang memiliki bentuk seperti manusia namun memiliki sayap dan hidung yang panjang (kadang disebut Yamabushi Tengu).

3.Yama Uba
Yama Uba adalah hantu (yokai) yang muncul dalam cerita-cerita rakyat Jepang. Kisah yang paling terkenal tentang Yama Uba adalah dia pernah merawat seorang bocah yang nantinya akan menjadi legenda di Jepang, yaitu Kintaro.Yama Uba adalah sosok yokai wanita yang seringkali muncul dalam cerita rakyat Jepang. Terkadang diyakini sebagai monster kanibal yang mendiami daerah pegunungan. Dia sangat suka merawat bayi yang nantinya akan dimakan secara brutal. Yama Uba pertama kali muncul pada periode Heian.
Yama Uba seringkali digambarkan sebagai wanita dengan rambut panjang berwarna keemasan, mengenakan kimono lusuh yang tercabik-cabik. Dia memiliki mulut yang tersembunyi di bagian atas kepalanya.Yama Uba juga seringkali digambarkan sebagai seorang wanita berwujud monster. Wajahnya menyerupai Oni dengan mulut yang terbentang dari telinga kanan hingga telinga kiri.Yama Uba dikenal sebagai hantu kanibal. Dia berdiam di daerah pegunungan menunggu para mangsa. Dalam beberapa kisah, diceritakan bahwa Yama Uba juga terkadang turun ke pedesaan dalam wujud wanita tua yang menawarkan bantuan bersalin. Ketika bayi terlahir, dia akan memakan bayi tersebut beserta ibunya.
Kisah Yama Uba yang sering didengar hingga sekarang, berasal dari cerita rakyat yang berjudul Ushikata Yama-Uba (Si Kusir Sapi dan Penyihir) dan Meshi Kuwanu Nyobo (Seorang Istri Yang Tidak Pernah Makan).Dalam kisah pertama, diceritakan bahwa Yama Uba sering mengganggu seorang kusir sapi yang membawa ikan kembung di gerobaknya. Ketika sang kusir melewati jalan pegunungan, si Yama Uba akan melahap semua ikan dan sapi. Kemudian sang hantu akan mengajak si kusir menginap di pondoknya agar dapat memakannya. Namun kusir yang mengetahui hal tersebut akan bersembunyi dan saat Yama Uba tertidur, sang kusir akan menyiramkan air mendidih.Di kisah kedua, diawali dari seorang lelaki yang bersikeras mencari seorang istri yang tidak pernah makan. Secara misterius, dia berhasil menemukan wanita tersebut. Mereka menikah dan ternyata benar, sang istri tidak pernah makan di hadapan sang suami. Namun anehnya, persediaan makanan di rumah selalu berkurang. Si lelaki mencoba menyelidiki apa yang terjadi, dan mendapati kejadian ganjil. Dia mendapati istrinya melepas ikat rambutnya, kemudian menjejalkan makanan melalui mulut yang terdapat di belakang kepalanya. Karena merasa ketakutan, sang suami berusaha mengusir istrinya. Namun sang istri justru mengajaknya pergi ke gunung. Ketika mengetahui renca si Yama Uba, sang suami bersembunyi di semak berduri untuk menghindari hantu tersebut.
Ada juga kisah mengenai Yama Uba yang terlihat lebih "manusiawi". Konon, ada seorang penari terkenal di Jepang. Ketika dia bertamasya ke gunung, tiba-tiba langit menjadi gelap dan terpaksa menginap di pondok Yama Uba. Ternyata hal tersebut adalah ulah sang Yama Uba, dia hanya ingin melihat pertunjukan tarian orang tersebut.
Ada sebuah kisah "supernatural" yang melatar belakangi berubahnya seseorang menjadi Yama Uba. Konon beberapa nenek yang sudah berumur, akan dibawa ke gunung oleh cucu-cucu mereka dan ditinggalkan disana. Karena sang nenek tidak dapat pulang, maka dia berubah secara supernatural menjadi Yama Uba. Dari kisah tersebut, kita dapat menarik pesan moral bahwa kita harus menghormati orang yang sudah tua dan merawat mereka.
Yama Uba muncul dalam beberapa literatur, mitos, drama, hingga lukisan. Dan ternyata Yama Uba juga muncul dalam beberapa kepercayaan kuno di berbagai negara.

Sekian Dari Kami Terima Kasih Telah Membaca(Yang Belum Baca..Baca lah!! haha)

Sumber:
http://bimosuper.blogspot.com
http://xfile-enigma.blogspot.com
http://www.kaskus.co.id


.

No comments:

Post a Comment