Monday 8 April 2013

Asal Usul Berbagai Makanan


Kalian Pasti Menyukai Donat Kan?ya Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan lain2.Gimana Asal Usul nya?sudah ada yang tahu?nggak hanya donut di artikel kali ini juga memberitahu asal usul makanan lainnya,silakan baca.......

1.Donat
Asal-usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.Kue berbentuk bola-bola kecil bernama doughnuts atau olykoeks pertama kali disebut-sebut dalam buku History of New York oleh Washington Irvingdi tahun 1809.Donat dalam ejaan tradisional bahasa Inggris disebut doughnut, sedangkan orang Amerika biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut. Istilah donut pertama kali digunakan di dalam artikel surat kabar Los Angeles Times 10 Agustus, 1929. Penulis bernama Bailey Millard dengan berkelakar menulis kalimat "can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'," sebagai keluhan atas kemampuan mengeja di kalangan orang Amerika yang semakin menurun.Penggunaan dua cara penulisan, donut atau doughnut ditemukan dalam serangkaian artikel surat kabar The New York Times tentang "National Donut Week" yang meliput World's Fair tahun 1939. Dalam 4 artikel yang dimulai tanggal 9 Oktober 1939, ejaan "donut" muncul 2 kali.Dunkin' Donuts yang didirikan tahun 1940 dengan nama Open Kettle di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat merupakan perusahaan tertua yang menulis donat sebagai "donut", walaupun sebenarnya perusahaan Mayflower Donut Corporation yang didirikan setelah Perang Dunia II merupakan perusahaan pertama yang menulis donat sebagai "donut".

2.Popcorn

Asal-mula kelahiran popcorn mulai terkuak pada tahun 1948-1950. Ketika sedang ekspedisi dalam sebuah gua di New Meksiko, tim mahasiswa alumni Harvard University, Herbert Dick dan Earle Smith, menemukan fosil popcorn yang berusia 5600 tahun. Fosil tersebut rupanya juga ditemukan di Peru dan Utah.Dari catatan sejarah terkuaklah perjalanan lawas popcorn. Hernando Cortes(1485-1547), pemimpin ekspedisi kerajaan Spanyol yang menghancurkan suku Aztec dan menguasai Meksiko pada abad 16, menulis dalam buku diary-nya bahwapopcorn adalah makanan penting bagi suku Aztec.Mereka bahkan menggunakan popcorn untuk dekorasi ritual upacara, sebagai kalung, dan hiasan pada patung dewa suku Aztec. Sebagai bagian dari ritual upacara, popcorn yang berwujud seperti bunga putih disebut suku Aztec sebagai persembahan untuk dewa air.“Sejumlah perempuan muda menari, sebuah tarian popcorn. Popcorn yang dirangkai jadi semacam kalung atau karangan bunga itu ditaruh di atas kepala kepala para perempuan itu,” tulis Bernardino de Sahagún, seorang misionaris yang ikut dalam ekspedisi tersebut.Tak hanya di daerah itu saja, beberapa ahli arkeologi mengemukakan bahwa popcorn juga sempat berkembang di Asia, terutama di daerah Cina, Sumatera, dan India. Kondisi ini malah jauh terjadi sebelum columbus mengunjungi amerika.

3.Keripik Kentang
Banyak orang berpendapat bahwa George Crum lah yang menemukan makanan yang bernama keripik kentang. George Crum adalah seorang koki keturunan Afrika Amerika, yang bekerja di restoran Moon's Lake House di dekat Saratoga Springs, New York. Moon's Lake House sangat terkenal dengan kentang gorengnya. Pada 24 Agustus 1853, seorang pelanggan mengeluhkan kentang gorengnya yang terlalu tebal, Crum akhirnya membuat kentang goreng yang lebih tipis, namun sang pelanggan tetap merasa tidak puas, sehingga Crum akhirnya membuat kentang goreng setipis mungkin sehingga tidak bisa ditusuk dengan garpu. Beruntung sang pelanggan sangat puas dengan "kentang goreng" tipis ini dan akhirnya menjadi terkenal dan merupakan salah satu makanan dalam menu, dengan nama "Keripik Saratoga". Makanan ini menjadi terkenal di New York dan New England.Mmm Terima Kasih George Crum!!

4.Es Krim

Menurut BBC, asal-usul es krim dimulai sejak 200 SM, saat campuran beku antara susu dan beras telah dikenal di Cina. Pada abad ke-4 SM, tercatat Kaisar Rowami, Nero (37-68), memerintahkan agar es diambil dari gunung lalu dikombinasikan dengan buah yang diletakkan di atasnya. Selain itu, Raja Tang (618-697) dari Shang, Cina, juga memperkenalkan metode membuat es krim dengan campuran es dan susu. Es krim tampaknya dibawa dari Cina ke Eropa.Menurut Maguelonne Toussaint-Samat, dalam karyanya berjudul History of Food, orang Cinalah yang pertama kali menciptakan alat pembuat es krim. Mereka menuangkan campuran salju dan asam sendawa atau kalium nitrat (sejenis garam tambang) di bagian luar wadah yang berisi sirup. Garam tersebut berfungsi menurunkan titik beku air. Cara ini masih digunakan di Indonesia oleh penjaja es krim jalanan di Jakarta dan kota-kota lain hingga 90-an yang dikenal sebagai es “nong-nong“. Penjual es krim pertama di Amerika Serikat tercatat pada 1776 di New York City. Para penduduk koloni di AS yang pertama kali memberi nama “iced cream“. Pada perkembangannya, iced cream lalu menjadi ice cream.

Baiklah Mungkin Itu Saja Info Dari Kami Terima Kasih Telah Membaca!!!!

Sumber:(sangat berterimakasih ke..)

http://bogorcreative.com
http://www.wikipedia.org/
http://sebelasnovember.blogspot.com
http://wirawiri.net





2 comments: