Saturday 15 December 2012

Bigfoot Si Kaki Besar


bigfoot merupakan makhluk misterius yang diciri-cirikan sangat besar,diperkirakan tingginya mencapai 2,5m. dengan bulu-bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. Bigfoot dilaporkan telah ditemukan didaerah Kanada dan Amerika Utara sejak abad 19-an. Di lihat dari jejak kakinya diperkirakan beratnya mencapai 400 kg. Bigfoot dikenal juga dengan nama Sasquatch. Sasquatch adalah nama hewan legenda yang beredar di Amerika Utara.Bigfoot yang berarti kaki besar adalah makhluk berukuran raksasa sisa peninggalan zaman purba. Diperkirakan, hewan tersebut masih hidup di kawasan pegunungan bersalju, di antaranya di Amerika Serikat dan gunung Himalaya China, dan orang percaya makhluk ini dapat ditemukan diseluruh dunia dengan nama-nama yang berbeda, seperti Yeti di Tibet dan Nepal, Yeren di China dan Yowie di Australia.


Ada atau tidak, yang jelas banyak kebudayaan memiliki cerita tentang manusia berbulu. Penampakan mereka di Amerika Utara dan Asia sudah dibicarakan sejak awal tahun 1800-an. Walau sudah banyak cerita, foto, dan jejak kaki mereka, namun sejauh ini belum pernah ada bukti ilmiah bahwa mereka ada. Tidak pernah ditemukan kotorannya, tulang belulangnya, serta tubuhnya, hidup atau mati.
Laporan mengenai bigfoot yang pertama didokumentasikan adalah jejak yang ditemukan seorang pedagang Kanada tahun 1811. Nama bigfoot (kaki besar) kemudian dikenal luas setelah adanya laporan media mengenai jejak kaki besar yang ditemukan di Bluff Creek, California, tahun 1959. Sedangkan foto bigfoot paling terkenal diambil tahun 1967 walau masih diperdebatkan keasliannya.
A.Yeren
Ye Ren telah menjadi bagian dari cerita rakyat di Cina bagian tengah dan selatan selama berabad-abad, disebutkan mahluk ini selalu terlihat di hutan-hutan lebat di daerah ini. Sering disebut juga sebagai Ye Ren, berarti “Wildman” atau manusia liar. Makhluk ini digambarkan setinggi 2 meter dengan lapisan tebal rambut berwarna merah atau coklat. Dikatakan Ye Ren berjalan tegak, dan jejak kaki yang pernah ditemukan dan dilaporkan sebagai milik Ye Ren memiliki panjang sekitar 44 sentimeter.
Tidak memiliki ekor, dan rambutnya lebih tebal dibagian paha,berjalan tegak dgn kaki terpisah.

B.Yowie

Yowie adalah istilah untuk hominid teridentifikasi terkenal mengintai di padang gurun Australia. Ini adalah cryptid Australia mirip dengan Yeti Himalaya dan Amerika Utara Bigfoot.
Asal-usul dari Yowie (juga "Yowie-Whowie" dan yahoo) mungkin terletak pada karakter mitologi dalam cerita rakyat Aborigin asli Australia. Karakteristik ini makhluk dan legenda yang kadang-kadang dipertukarkan dengan orang-orang dari bunyip.Menurut beberapa penulis, laporan dari Yowie-jenis makhluk yang umum dalam legenda dan cerita dari suku Aborigin Australia, khususnya dari negara-negara timur Australia. Asal "Yowie" dalam konteks hominid teridentifikasi jelas. Beberapa penulis abad kesembilan belas menyarankan bahwa itu hanya muncul melalui legenda Aborigin tersebut. Robert Holden menceritakan beberapa cerita yang mendukung ini dari abad kesembilan belas, termasuk akun ini Eropa dari 1842;
"Penduduk asli Australia ... percaya ... [yang] Yahoo ... Ini menjadi mereka gambarkan sebagai menyerupai seorang pria ... hampir sama tingginya, ... dengan rambut putih panjang menjuntai ke bawah dari kepala atas fitur ... lengan sebagai sangat lama, dilengkapi pada ekstremitas dengan cakar yang besar, dan kaki berbalik ke belakang, sehingga, pada terbang dari manusia, jejak kaki tampak seolah-olah makhluk yang telah melakukan perjalanan di arah yang berlawanan."
C.Yeti
Yeti atau Manusia Dungu,Bodoh dan Sinting adalah sejenis primata besar yang menyerupai manusia yang menghuni wilayah pegunungan Himalaya di Nepal dan Tibet. Nama Yeti dan Meh-Teh umummnya digunakan secara luas oleh masyarakat di wilayah tersebut, [1] dan dianggap sebagai kisah sejarah dan mitos yang masih misterius. Orang-orang Nepal juga menyebutnya Bonmanche yang berarti "manusia liar" atau "Kanchanjunga rachyyas" yang berarti "Iblis Kanchanjunga."Tahun 1832, makhluk misterius ini pertama kali mencuat ke dunia. Ketika itu perwakilan Inggris yang berada di Nepal bernama B.H. Hodgson mengaku pernah bertemu makhluk dengan ciri-ciri fisik berbulu hitam tidak berekor dan berjalan tegak.
Ratusan tahun berselang pada 1951, pendaki Inggris bernama Eric Shipton bahkan mensiarkan foto-foto jejak kaki Yeti. Jejak kaki itu panjangnya 13 inci dengan lebar 8 inci. Mulai itulah nama Yeti mulai terkenal di dunia.Penduduk desa di Himalaya dan para pemburu setempat menyebutkan kalau mahluk itu pandai menyembunyikan diri, hal itu karena habitatnya terletak jauh dari jalur manusia.
Para pemburu di Himalaya mengatakan bahwa Yeti bukan manusia, dan mereka juga tidak tinggal di zona bersalju. Tempat tinggalnya adalah hutan Himalaya yang paling tinggi, dalam kelebatan yang nyaris tak tertembus. Di sana mahluk ini terkenal bergerak menggunakan keempat anggota badan atau berayun dan pohon ke pohon.Kalau mahluk ini berkelana ke zona bersalju, tempat pendaki gunung mungkin melihatnya atau melihat jejak kakinya, mahluk ini berjalan tegak dengan gaya yang canggung. Sherpa, penduduk asli di Nepal menduga bahwa alasan mahluk ini melintasi ladang bersalju adalah mencari lumut yang mengandung garam yang tumbuh di batu moraine. Ilmuan Inggris, Ivan Sanderson mengatakan bahwa mahluk itu bukan mencari lumut melainkan lumut kerak, yang kaya dalam gizi.Akhir tahun 2007 lalu, sekelompok penjelajah, mengatakan telah menemukan bukti baru mengenai keberadaan mahluk Yeti di Himalaya Nepal, sehingga timbul kehebohan baru di antara mereka yang percaya bahwa mahluk salju itu benar-benar ada.
Sumber:
http://www.wikipedia.com
http://www.indosuara.com
http://info-misteri.blogspot.com
http://asalasah.blogspot.com



No comments:

Post a Comment